Pada lalat terdapat daya racun dengan indikasi kulit bengkak karena penyakit yang di timbulkannya, dan penyakit gatal karena sengatan lidahnya. Apabila dia hinggap pada sesuatu yang akan menyakitinya, dia akan melindungi diri dengan senjatanya. Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Apabila seekor lalt hinggap di tempat minum salah seorang dari kalian, hendaknya ia menenggelamkannya ke dalam minuman tersebut karena pada satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya." ( HR Al-Bukhari ).
     Nabi Muhammad SAW. memerintahkan menandingi daya racun itu dengan penawar yang telah Allah tetapkan pada sayap lainnya, lalu semuanya dibenamkan pasa air dan makanan sehingga zat yang bermanfaat akan menandingi zat racun itu. Dengan demikian bahaya nya akan hilang.
     Teknik pengobatan ini tidak akan di peroleh dari para tokoh medis dan farmakologi, namun muncul dari ranah kenabian. Meski demikian, para dokter yang arif akan tunduk terhadap teknik pengobatan ini dan akan mengukuhkan kenabian Muhammad SAW, serta akan mengakui teknik itudiluar jangkauan daya pikir manusia. (Ibnu'l Qayyim Al-Jauziyyah, Zadu'l Ma'adi fi hadyi Khayri'l 'ibadi, Juz 4, t.t: 111-113).