tumbhnail
Warnet, diambil dari singkatan Warung Internet yaitu sebuah warung yang menawarkan komputer dan sebuah koneksi internet sebagai menu utamanya. Begitu banyak fungsi warnet diantaranya ada yang menggunakannya untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun hanya untuk bersosial media ria disamping itu warnet juga berperan sebagai media yang bisa dibilang sensitif karena tak jarang pula orang melakukan transaksi untuk keperluan pribadinya seperti belanja online ataupun transaksi bank dan lainnya, karena internet memiliki berjuta fungsi dalam kebutuhan sehari-hari mengingat sekarang kita di era digital, jadi tidak terlepas dari penggunaan internet sebagai sarana koneksi.
Akan tetapi yang jadi permasalahan apakah warnet yang kita gunakan sudah aman dari ancaman para cracker(sebutan seorang penjahat dunia komputer), informasi apa saja yang akan diambil oleh para cracker?
Cracker dapat dengan mudah untuk mengetahui password ataupun informasi lainnya yang bersifat pribadi, dan kebanyakan warnet adalah tempat yang cocok untuk dijadikan sarang jebakan oleh para cracker terlebih lagi warnet yang terbengkalai tanpa ada perawatan yang rutin, pada postingan ini saya akan memberi tips pada peimilik warnet untuk menangani ancaman yang akan saya bahas di bawah.

Dari sisi pelanggan saya menyarankan agar melakukan ritual berikut sebelum memulai menggunakan internet

    taskmanager
  • Cek Taskmanager(Win+R masukan taskmgr) pindah pada tab Processes, cek apakah ada program dengan kata kunci "Key" + "logger" jika ada matikan program tersebut dengan cara klik programnya lalu klik "End Process" pada bagian kanan bawah. Jika warnet sudah menggunakan win7 kita perlu klik show procuntuk dapat melihat semua program yang sedang berjalan pada komputer yang kita gunakan.
    Akan tetapi terkadang keylogger dapat menyembunyikan dirinya dari daftar program di task manager.


  • Coba menekan kombinasi tombol berikut
    (Ctrl+Shift+Alt+F7 | Ctrl+Shift+Alt+F7 | Ctrl+Alt+X | Ctrl+Alt+F9 | T+G+Enter | Ctrl+Shift+Alt+F7)
  • Cek Instalasi folder (Program Files) yang berada di drive C
    dan berikut beberapa daftar program keylogger
  1. mSpy
  2. HighsterMobile
  3. FlexiSpy
  4. Spyera
  5. Spyrix
  6. Spytech SpyAgent
  7. All In One Keylogger
  8. StaffCop Standard
  9. The Best Keylogger
  10. REFOG
  11. SoftActivity Keylogger
  12. Elite Keylogger
  13. Perfect Keylogger
  14. Total Spy
  15. Free Keylogger
  16. DanuSoft Free Keylogger
  17. Real Free Keylogger
  18. Revealer Keylogger Free
  19. KidLogger
  20. BlackBox Express
  21. G³ iSam
  22. Actual Keylogger
  • Dan yang terakhir cek icon pada  kanan bawah windows.notification
Selebihnya akan menjadi tanggu jawab dari pengurus/pemilik warnet dan berikut beberapa ancaman yang perlu diperhatikan.
  1. Jangan menggunakan Smadav, karena mereka memiliki fitur untuk menjeda/membekukan(Suspend) sebuah aplikasi terlebih lagi dia dapat melakukan menembus registry, mungkin smadav fokus pada keperluan Personal.
    Contoh penerapan: Secara normal jika client main dengan menggunakan paket maka secara otomatis komputer langsung dibawa pada tampilan billing jika waktu sudah habis, akan tetapi apa yang terjadi jika proses billing disuspend dengan bantuan smadav? ya! billing jadi tidak berfungsi, yang terjadi client akan dapat terus bermain tanpa ada batasan waktu dan pada komputer server status client yang bersangkutan sudah off/kosong, dan untuk mengembalikannya client cukup dengan mengembalikannya(unsuspend/restart program) dengan bantuan smadav.
  2. Netcut dan Keylogger, untuk mengatasi software semacam ini yang diperlukan cukup dengan menggunakan penakalnya.
  3. Freezer System/Restore Time, umumnya warnet menggunakan DeepFreeze atau Shadow Defender. Namun permasalahannya software tersebut mudah untuk dibobol dan untuk solusinya sendiri masih dalam tahap percobaan jadi untuk sementara gunakan saja yang ada,
  4. Untuk warnet yang sudah menggunakan Win7 sebagai OS clientnya saya sarankan untuk meminimalisir penggunaan grafiknnya dan menon aktifkan fitur autoplay/autorun, karena tidak menutup kemungkinan adanya firus yang lolos sensor walaupun menggunakan Freeze System sekalipun.
Sebenarnya warnet akan menjadi lebih nyaman jika keadaan perangkat kerasnya juga memadai, jadi tetap Jagalah Kebersihan.