tumbhnail
Apa itu HTML? adalah kepanjangan dari Hyper Text Markup Language biasa digunakan untuk membuat dasar website baik dari kerangka sampi dengan isi. Dari segi pandangan saya pribadi HTML sangatlah perlu dipelajari karena hampir dari semua elemen pemrograman menggunakan HTML sebagai dasar untuk mengatur atau menyususun tata letak suatu objek.
Mulai dari 1991 HTML megalami perubahan dari waktu ke waktu dan hingga sampai saat ini HTML telah mencapai versi HTML5, untuk versi HTML pertama keluar pada 1991, kemudian mengalami revisi di tahun 1995 menjadi HTML 2.0, dua tahun kemudian HTML meningkatkan lagi akan fitur-fiturnya dan sehingga muncul HTML 3.2, dan pada tahun 1999 berubah lagi menjadi HTML 4.01, dan seiringnya perkembangan zaman penggunaan gadget mendorong HTML untuk bertransformasi menjadi XHTML pada tahun 2000 pada masa itu penggunaan XHTML memanjakan para pengguna mobile phone sebagai alat browser mereka yang lebih praktis, dan HTML5 mungkin seluruh website besar menggunakan HTML5 untuk dasar website mereka karena dapat dengan mudah diaplikasikan pada smartphone.

Pada bagian 1 ini saya hanya akan membahas dasar dari HTML saja jadi tunggu pada bagian-bagian selanjutnya yang Insya Allah akan saya update secara berkala setiap hari.
Sebenarnya ada banyak website yang menyediakan info mengenai HTML, salah satunya yang terkenal adalah w3schools yang beralamatkan http://www.w3schools.com merupakan pusat pembelajaran bagi saya sendiri, disitu juga kita dapat belajar banyak coding seperti php, css, javascript, sql, dan bahkan bootsrap yang baru.
Kembali ke judul, hal pertama yang harus kita ketahui mengenai istilahnya, berikut bahasannya.
Contoh HTML
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Page Title</title>
</head>
<body>

<h1>My First Heading</h1>
<p>My first paragraph.</p>

</body>
</html>
Penjelasan
<!DOCTYPE html> menyatakan bahwa dokumen/file merupakan jenis HTML. [tag ini bersfat wajib bagi pengguna blogspot]
<html> menandakan bahwa dokumen yang tertulis di dalamnya adalah text HTML.
<head> berisikan informasi template blog/website.
<title> difungsikan untuk menampilkan judul blog pada tab bar browser.
<body> output template yang akan ditampilkan oleh browser kepada pengguna.
<h1> Header.
<p> Page.
</...> tag penutup, wajib disertakan diakhir tag.

dari contoh di atas kita dapat simpulkan bahwa <html>, <head>, <title>, <body>, <h1>, dan lain-lain. Adalah tag html, dan setiap tag harus diakhiri dengan tag penutup </?>, contoh 
contoh 1: <head><title>Judul</title></head>
pada umumnya template menggunakan <head> dan  <body> sebagai tag induk. Head digunakan untuk menyimpan data website/template seperti halnya CSS, Script, Meta, dan lain sebagainya. Sementara itu isi yang berada dalam tag body lah yang nantinya akan ditampilkan oleh browser sebagai output HTML yang telah tersusun, sebenarya CSS serta Script pun dapat ditambahkan ke dalam tag Body akan tetapi, menurut standart HTML5 meletakan script di dalam tag body kurang efisien.