25 - November - 2015
Ds, Lelea. Indramayu. Jawabarat

INDRAMAYU - Menyambut datangnya musim tanam padi tiba, masyarakat desa lelea kab. Indramayu Jawa Barat menggelar tradisi pesta adat ngarot, Rabu ( 25 / 11 / 2015 ).

[ photo by Kholik Ekstrada ]


Dua minggu sebelum melaksanakan pesta adat ngarot masyarakat desa lelea melaksanakan sedekah bumi sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas diberikannya kehidupan dengan tanah yang subur dan air yang berlimpah sehingga menghasilkan hasil pangan yang baik, sekaligus juga pengumuman di laksanakannya pesta adat ngarot.

Tradisi pesta adat ngarot di mulai saat para persa adat ngarot berkumpul di pelataran rumah kepala desa peserta adat ngarot putri mengenakan pakaian kebaya berwarna pink dengan selendang hijau tentunya setiap tahun warna kebaya dan selendang yang di kenakan berwarna berbeda. dengan bawahan kain tapir dan mengenakan perhiasan emas seperti kaling gelang dan cin-cin tak lupa juga yang menjadi cirihas acara ini adalah perrta adat ngarot putri mengenakan rangkaian bunga di kepalanya seperti bunga kantil, kenanga, dan kertas. sedangkan peserta adat ngarot remaja putranya mengenakan pakaian komboran khas wong tani dengan ikat di kepala.
kemudian para peserta adat ngarot akan di arak keliling desa dengan urutan kepala desa yakni bapak radi beserta keluarga memimpin konvoi ngarot ini yang di susul oleh peserta adat ngarot putri kemudian peserta adat ngarot putra dan yang terakhir iringan musik daerah khas Indramayu, sampai akhirnya berakhir di balai desa Lelea.

[ photo by @Ekaismayafauzi ]


Acara di balai desa dibuka dengan sambutan dari kepala desa kemudian di sambung dengan para sesepuh desa lelea sampai akhirnya penyerahan Beras, Kendi berisi air, serta cangkul sebagai simbol untuk segera dimulainya musim tanam padi.

Banyak acara hiburan juga yang terdapat di pestaa adat ngarot ini seperti Tari topeng, Jaipongn, Komidi Putar, dan konser Musik anak muda, dengan di tambah keramaian dari para penjual berbagai macam barang dan makanan yang memenuhi sisi kanan dan kiri jalanan desa Lelea.




 Demikianlah yang dapat kami rangkum
Saya kholik Ekstrada, Terimakasih