Pada dasranya tidak ada yang special dari VTP ini sekilas kita melihat struktur dasarnya hanya dengan perintah mode trunking saja sudah cukup untuk membuat semua switch terhubung, akan tetapi keistimewaan VTP adalah kita dapat merubah mode yang akan digunakan pada masing masing switch.
contoh kita mempunyai 3 switch dan kita akan membuat 2 server mode dan 1 client mode, dengan topologi itu kita dapat mengetahui fungsi dari VTP ini.
mari kita coba peraktekan.


pada gambar diatas kita memiliki 3 router diantaranya 2 sebagai server dan 1 sebagai PC, sebenarnya VTP ini memiliki 3 mode satu lagi mode transparent, tapi kita akan mencoba mengimplementasikan 2 mode saja yakni server dan client.
cara pengkonfigurasinya seperti ini.

Switch1(Server1)
int f0/1
sw mod tr
int vlan 1
ip add 10.10.10.1 255.255.255.0
no sh
vtp mod s
vtp domain apa

Switch2(Client)
int ra f0/1-2
sw mod tr
int vlan 1
ip add 10.10.10.2 255.255.255.0
no sh

vtp mod c
vtp domain apa

Switch3(Server2)
int f0/1
sw mod tr
int vlan 1
ip add 10.10.10.3 255.255.255.0
no sh
vtp mod s
vtp domain apa

sampai disini konfigurasi telah selesai, dan sekarang kita coba tes hasil kerja kita dengan cara membuat vlan pada salah satu server kita buat contoh lagi, kita membuat vlan 99 pada server 1 

Switch1(Server1)
vlan 99

kemudian kita cek hasilnya di semua Switch termasuk switch client
dengan cara do sh vlan jika vlan muncul pada semua switch maka konfigurasi kita telah berhasil, jadi tujuan dari vtp ini membuat vlan agar lebih efisien dan tidak perlu repot-repot membuat satu persatu di setiap switch. tetapi pada mode transparent tidak akan muncul karena tugas dari switch yang bermode transparent hanya melanjutkan perintah saja dan mode transparent ini berdiri sendiri tidak terpengaruh oleh switch apapun.

Keterangan:
vtp mode digunakan untuk membuat switch bermode atau berstatus client/server/transparent pada option default ini bermode server jadi jika kita ingin vtp kita bermode server maka tidak perlu menyetting vtp mode lagi.
vtp domain ini sangat vital pada pembuatan vtp ini karena tanpa domain switch tidak akan bisa melanjutkan ke domain yang berbeda atau vtp yang tidak berdomain, untuk menentukan domain ini bersifat bebas apa saja bisa kita masukan.

Sekian Postinga kali ini.
Terimakasih.